Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 15 Mei 2017

Langkah Membeli Rumah Dari Perseorangan Yang Perlu Kamu Ketahui

Membeli rumah saat ini tidak hanya ada pilihan rumah baru atau rumah dari para developer ternama saja. Saat ini telah banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mencari rumah dijual oleh perseorangan atau rumah bekas pakai. Tidak sedikit para penghuni unit perumahan di Bandung yang menjual rumahnya dengan berbagai alasan. Tahukah kami bila proses dan langkan membeli rumah dari perseorangan memiliki prosedur yang tidak biasa atau berbeda dengan saat membeli rumah baru?

Perlu ketelitian dankejelian yang cukup ekstra untuk membeli rumah bekasi pakai.  apa saja yang perlu kita perhatikan dan pertimbangkan saat membeli rumah dari perseorangan ? simak ulasan berikut ini !!


Jangan Tertipu Dengan Penampilan Rumah
Banyak para penjual rumah bekas yang menipu pembelinya dengan melakukan perbaikan seadanya dalam artian tidak diperbaiki secara menyeluruh atau permanen dengan baik. Meskipun rumah yang ditawarkan memiliki penampilan yang ciamik dengan cat baru yang mengkilap, bukan berarti kondisi rumah ini dalam keadaan baik. Sebaiknya jak teman atau kerabat yang memiliki pemahaman lebih akan kondisi dan struktur bangunan rumah saat mendatangi perumahan di Bandung. Bila tidak ada ahli properti atau arsitek yang kamu kenal, ajak seseorang yang berpengalaman membeli rumah dari orang lain.

Periksa Kondisi Fisik
Pastikan usia dari rumah tersebut. Tanyakan apakah rumah tersebut pernah direnovasi seara menyeluruh buka hanya renovasi eksterior saja. Bila pernah dilakukan renovasi menyeliruh artinya rumah tersebut masih memiliki usia yang muda dan bangunan akan tahan lebih lama. Selain itu jangan lupa pastikan ventilasi atau sirkulasi udara seperti jendela dan celah ventilasi lainnya pastikan rumah mendapatkan sirkulasi udara baik dengan pencahayaan matahari yang baik pula. Dengan begitu rumah akan lebih nyaman dan sehat untuk ditempati karena hemat listrik serta udara selalu segar.

Periksa Perlengkapan Dan Fungsinya
Pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Periksa apakah saluran air mengalir cukup deras. Apakah listrik dapat menyala dengan baik, kamu bisa mengeceknya dengan mencoba ngcharge ponsel di setiap colokan listrik, jangan lupa periksa lampu juga.

Periksa Kelengkapan Surat Dan Dokumen
Dokumen yang harus kamu periksa diantaranya surat atau akta jual beli ( AJB), Surat Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ), Sertifikat kepemilikan rumah. Akan sangat baik jika kepemilikan rumah berupa SHM atau Surat Ham Milik dibandingkan dengan rumah yang memiliki surat Hak Guna Bangunan atau HGB. Pastikan juga bahwa dokumen yang kamu terima merupakan dokumen asli dan legal. Kamu bisa melakukan pengecekan di kantor pertahan Negara terdekat. Pastikan juga bila nama dan data diri yang dicantumkan di dokumen sama dengan data diri penjual.

Harga
Pemilik unit perumahan pastinya akan membuat beragam alibi guna menaikan atau tetap mempertahankan nilai jual yang ditawarkan. Seperti alasan sistem keamanan terjamin, fasilitas public yang cukup dekat dan lengkap, hingga rumah bebas dari bencana banjir. Namun kamu sendiri bisa memastikan nilai jual rumah tersebut dengan membandingkan harga rumah tersebut dengan harga – harga rumah di lingkungan rumah tersebut. Atau kita bisa melihat dari BJOP atau Nilai Jual Objek Pajak dan Surat PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan. Apakah nilai yang ditetapkan pembeli masuk akal?

Siapkan Biaya Tambahan
Sebelum kamu melanjutkan transaksi untuk memiliki sepenuhnya unit perumahan di Bandung yang dijual tersebut. Pastikan dan perkirakan biaya tambahan yang akan dikeluarkan ketika membeli rumah tersebut. Mulai dari biaya balik nama hingga biaya renovasi. Apakah biaya tersebut sudah kamu sediakan atau apakah biaya tersebut mampu kamu atasi ?
Jangan sampai setelah melakukan proses transaksi jual beli rumah, kita malah rugi akibat pengeluaran yang cukup banyak saat melakukan perbaikan dan renovasi rumah. Siapkan dana untuk melakukan renovasi dan perbaikan rumah karena biaya ini biasanya lebih besar dibandingkan dengan biaya tambahan lainnya.

Periksa Kemungkinan Beli Rumah Dengan Kredit
Tanyakan kepada penjual, cara pembayaran seperti apa saja yang bisa dilakukan untuk membeli rumah tersebut apakah semua cara pembayaran seperti tunai keras, tunai bertahap hingga kredit bisa dilakukan untuk membeli rumah tersebut ? jika kamu memang mengincar untuk membeli melalui program KPR pastikan pemilik rumah menyetujui hal ini.

Nah itulah beberapa langkah dan hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli rumah pada perseorangan. Proses dan prosedurnya tentu lebih banyak dari pada proses yang dilakukan dengan menggunakan jasa perantara seperti broker. Membeli rumah merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Maka jangan sampai membeli atau mencari rumah dijual dengan terburu – buru. Pastikan semua proses dan langkah yang dilakukan berjalan dengan aman dan bisa dipertanggungjawabkan di kemudian hari. Selama bisa kita antisi pasi dan hindari segala kemungkinan buruk sejak awal mengapa harus mengatasi setelah terjadi. Semoga ulasan diats bisa memberikan gambaran yang cukup jelas dan informasi yang bermanfaat untuk para oembaca yang akan membeli rumah.

1 on: "Langkah Membeli Rumah Dari Perseorangan Yang Perlu Kamu Ketahui"