Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 22 Februari 2017

APA SIH BEDA ANTARA BIT DAN BYTE?

Halo sobat, kamu pasti sedang mencari apa sih perbedaan antara bit dan byte ya. Bit dan byte, cukup membingungkan sih. Nah, itu sebabnya kamu harus baca ini supaya rasa bingung kamu dapat terobati. Anggaplah ini sebagai obat untuk rasa kebingungan anda. Silahkan langsung saja disimak, sobat.

Bit dan byte, pasti selalu di temukan pada bidang komputasi digital maupun telekomunikasi. Mengapa demikian ya sobat? Karena kedua kata ini sangat penting dan saling berkaitan dalam pengolahan data komputer dan jaringan. 


Lalu, apa sih beda antara bit dan byte? Pasti akan muncul pertanyaan demikian. Nah, sobat harus tau "binary digit' atau sering disingkat 'bit' merupakan unit terkecil dalam proses pengolahan data pada komputasi. Istilah bit menjadi populer pada tahun 1948 setelah diluncurkannya karya ilmiah milik Claudia E. Shannon yang berisikan hasil penelitian seorang ilmuwan ketika sedang bekerja di Bell Laboratories, ilmuan ini adalah seorang Jhon Tukey, dialah yang mengemukakan kata 'bit' sekitar tahun 1947 sebelum dipopulerkan oleh Claudia. Sedangkan untuk 'byte' sendiri mulai populer semenjak tahun 1956 setelah dikemukan oleh seorang ilmuan bernama Dr. Werner Buccholz, beliau saat itu sedang bekerja sebagai ilmuan di IBM. Werner menyatakan bahwa 'byte' merupakan informasi komputasi dan telekomunikasi yang berupa unit data dan lebih besar dibandingkan dengan bit., maksud dari pernyataan ini adalah bahwa setiap 1 byte berisi 8 bit.

Dalam penggunaannya pada bidang komputasi dan telekomunikasi bit memiliki peran layaknya saklar lampu, sobat pasti tau kan saklar lampu? Bisa 'mati' ataupun 'hidup', bisa juga dinyatakan 'benar' atau 'salah' dan bisa  juga memiliki nilai 'satu' atau 'nol'. Melalui hal ini maka bit dapat memberi informasi soal dua hal yang bertentangan dalam setiap pemrosesan pengolahan data. Oleh karena bit memiliki nilai 'satu' atau 'nol', maka byte pun juga mengandung nilai 'satu' atau 'nol' pula karena dalam satu byte berisikan delapan bit dalam penerapannya. Cara mudah membedakan antara bit dan byte adalah dengan melihat lambangnya, bit atau binary digit memiliki lambang 'b' (huruf b kecil), sedangkan Byte memiliki lambang 'B' (huruf b besar)

Sebagai contoh, bit biasa digunakan sebagai satuan kecepatan jaringan internet, coba perhatikan kecepatan jaringan internet kamu deh sobat, misalnya kamu lihat tertera 50 kbps, itu artinya kecepatan imternet kamu 50 kilobit persecond. Contoh untuk byte dapat dilihat ketika sobat akan melakukan pengolahan data di kompiter, byte mewakili karakter A-Z ataupun karakter lainnya.
Semua hal ini berarti bahwa bit dan byte memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Sudah kayak couple aja ya. Jadi, sekarang sudah tau kan apa beda antara bit dan byte. Oke sip deh, semoga bermanfaat ya sobat.

5 on: "APA SIH BEDA ANTARA BIT DAN BYTE?"