Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 26 Desember 2016

Tips Agar Menjadi Umroh dan Haji yang Mabrur

Sebelum melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci, Anda perlu mengetahui tips umroh mabrur. Sehingga, Anda bisa menjaga kemurnian ibadah kepada Allah yang dilakukan di tanah suci tersebut. Semua orang pasti menginginkan umroh yang dilaksanakannya diterima oleh Allah, membawa mereka ke kehidupan yang baik, selalu berada di jalan Allah dan bermanfaat untuk orang lain. 

Apalagi sekarang ini banyak diantara kita yang melakukan haji atau umroh tapi tingkahnya masih memprihatinkan. Masih suka menebar fitnah, sering membangkang perintah Allah dan suka mendzolimi orang sekitarnya. Jika Anda tidak ingin termasuk golongan orang seperti itu, sebaiknya laksanakan beberapa hal ini menjelang umroh. 
Foto:cahayaQuran.com

Tips umroh haji mabrur
Karena Anda berharap memperoleh umroh mabrur, maka perlu mengkaji beberapa perkara ini untuk meraihnya. 

1.    Ikhlas
Tips umroh mabrur yang pertama adalah mempunyai niat yang ikhlas, hanya mengharap ridha Allah semata. Bukan untuk pamer atau kepentingan duniawi seperti penghormatan dan pujian. Perkara ini tertuang dalah hadits Qudsi, Allah berfirman yang artinya : Aku adalah Dzat yang paling tak membutuhkan sekutu. Barang siapa yang melaksanakan suatu amal dengan dicampuri pembuatan syirik terhadapKu, niscaya Aku akan meninggalkannya bersama sekutunya. (HR. Muslim)

2.    Mengikuti tuntunan Rasulullah
Perlu Anda ketahui ibadah umroh tidak akan diterima selain telah memenuhi dua persyaratan yakni niat yang iklhas dan mengikuti sunnah atau tuntunan Nabi Muhammad SAW. Merupakan tips umrah mabrur yang harus anda penuhi. Walaupun ibadah umroh dilaksanakan secara ikhlas, tapi tidak memenuhi tuntunan Rasul, maka ibadahnya pasti ditolak.
Begitu sebaliknya, meski sudah melaksanakan ibada sesuai sunnah Rasul tapi niatnya tidak ikhlas, maka juga tidak akan diterima Allah. Oleh karena itu, ibadah yang anda lakukan harus Iklhas dan mengikuti sunnah Rasul. 

3.    Mempunyai persiapan yang maksimal
Ada beberapa persiapan yang harus Anda penuhi sebelum berangkat umroh. Mulai dari bertaubat nasuha (tobat yang sungguh-sungguh), bertwakal kepada Allah, melepas semua tanggung jawab kepada orang lain, mempersiapkan bekal yang cukup untuk dirinya dan keluarga yang ditinggalkan. Menulis wasiat untuk keluarga, umroh dengan harta yang halal, pilih teman yang baik dan soleh dan mempelajari semua urutan ibadah umroh haji serta semua hukum-hukumnya. 

4.    Mengkhayati tujuan dan hakikat ibadah umroh
5.    Berusaha keras menghindari maksiat
6.    Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah dan selalau taat kepada Allah
7.    Istiqamah
 
Itulah tips ibadah umrah yang bisa Anda jadikan sebagai pedoman sebelum pergi ke tanah suci untuk ibadah umrah atau haji.

5 on: "Tips Agar Menjadi Umroh dan Haji yang Mabrur"